Factory Visit

 

Kami memberikan pengalaman unik untuk anda. Dengan program Factory Visit anda dapat melihat secara  langsung proses pembuatan Sari Roti yang Halal, Sehat dan Higienis. Factory Visit ini juga untuk mendekatan kami dengan pelanggan setia kami. Kami ada untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan Sari Roti

 

 

Senin, 24 Juli 2017
Temui kami di:  

TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN

Tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) yang dilakukan sepanjang tahun buku 2014 meliputi aspek pengelolaan lingkungan hidup, ketenagakerjaan, pengembangan sosial dan kemasyarakatan serta perlindungan terhadap konsumen.

Pengelolaan Lingkungan Hidup

Sebagai produsen makanan, Perseroan memiliki potensi terjadinya pencemaran lingkungan yang mungkin dapat disebabkan oleh limbah produksi Perseroan. Untuk mengantisipasi potensi munculnya pencemaran lingkungan hidup, Perseroan senantiasa menerapkan dan melaksanakan sistem pengelolaan lingkungan dan melakukan pemantauan lingkungan secara berkala.

Limbah Perseroan dapat dikategorikan menjadi:

  • Limbah padat 
  • Dalam pengelolaan limbah padat, Perseroan bekerjasama dengan pihak ketiga yang berpengalaman.

  • Limbah cair

Sebagian besar pabrik Perseroan berlokasi didalam kawasan industri, oleh karena itu dalam mengolah limbah cair, Perseroan bekerjasama dengan pihak kawasan industri. Untuk pabrik yang berlokasi diluar kawasan industri, Perseroan melakukan pengolahan limbah cair secara mandiri dengan memperhatikan standar pengolahan limbah.

  • Debu dan gas

Perseroan senantiasa menjaga lingkungan kerja Perseroan agar terbebas dari ganggung debu dan gas dengan membuat sistem sirkulasi yang baik sehingga sirkulasi udara dapat berjalan dengan baik.

  • Kebisingan

Tingkat kebisingan pada area pabrik Perseroan berada dibawah batas yang telah ditetapkan oleh Peraturan Menakertrans No.PER-13/MEN/X/2011 atau masih berada dibawah 85 dBA.

Pengolahan limbah Perseroan senantiasa memperhatikan standar pengolahan limbah dan pelaksanaannya dilaporkan secara berkala kepada Badan Lingkungan Hidup.

Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Sebagai suatu keluarga, Perseroan senantiasa berusaha untuk menaungi dan melindungi seluruh anggota keluarga Perseroan. Oleh karena itu, Perseroan melengkapi seluruh Karyawan dengan program jaminan sosial yang memberikan beragam manfaat mulai dari Jaminan Kesehatan, Jaminan Hari Tua, dan Jaminan Kecelakaan kerja.

Perseroan melengkapi seluruh pabrik Perseroan dengan ruangan pelayanan kesehatan karyawan dan tenaga paramedis yang profesional. Selain itu, Perseroan pun melengkapi setiap aktivitas operasional dengan sistem yang telah tertata dan senantiasa ditinjau secara berkala untuk memastikan bahwa seluruh Karyawan bekerja di dalam lingkungan yang baik.

Perseroan memiliki fasilitas kantin yang menyediakan beragam makanan yang dapat dikonsumsi oleh Karyawan tanpa dipungut biaya. Makanan-makanan tersebut disediakan oleh pihak ketiga yang telah memiliki keterangan pelatihan usaha jasa boga dari Dinas Kesehatan dan melalui penilaian ketat mengenai tingkat kehigienisan, kehalalan serta ragam variasi menu makanan.

Dalam rangka memberikan rasa aman, Perseroan melengkapi seluruh area kerja dengan satuan pengaman yang siap melindungi Karyawan selama berada di area kerja Perseroan. Selain itu, Area kerja Perseroan pun dilengkapi dengan smoke detector, alat pemadam api ringan (APAR), hydrant, jalur evakuasi , tim evakuasi dan tim K3 yang dapat diandalkan.

Selain mengusahakan kesehatan dan keselamatan kerja, Perseroan pun berupaya untuk membantu meningkatkan kesejahteraan Karyawan melalui beberapa program seperti program bantuan pinjaman dana dengan bunga flat bagi Karyawan yang membutuhkan, bingkisan lebaran, bantuan kurban Idul Adha dan fasilitas tur Karyawan. Karyawan yang memiliki anak usia sekolah dapat bergabung dalam program Ayo Sekolah yang memberikan fasilitas bantuan pendidikan baik berupa dana maupun alat-alat penunjang pendidikan.

Dalam aktivitas ketenagakerjaan, Perseroan tidak mengenal praktik diskriminasi gender. Seluruh Karyawan Perseroan baik pria maupun wanita memiliki kesempatan yang sama dalam bekerja dan berkarir, penilaian Karyawan dilakukan berdasarkan prestasi yang telah dicapai.

Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan

Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pangan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi menjadi salah satu faktor pendorong munculnya beragam fenomena pangan mulai dari penyalahgunaan bahan baku hingga kasus keracunan massal yang marak terjadi di lingkungan masyarakat. Sebagai produsen makanan yang bergerak dalam industri roti, Perseroan merasa terpanggil untuk ikut berperan dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat khususnya mengenai keamanan pangan. Oleh karena itu, pada pertengahan tahun 2015, Perseroan membentuk suatu program baru yang bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan membagikan informasi seputar keamanan pangan kepada masyarakat khususnya para Ibu rumah tangga.

 

Dalam pelaksanaannya, Perseroan bekerja sama dengan beberapa pihak seperti pengelola kawasan industri dimana pabrik Perseroan berada maupun dengan pihak lainnya. Sampai dengan akhir tahun 2015, Perseroan telah memberikan penyuluhan kepada ibu-ibu rumah tangga yang berasal dari beberapa desa/kelurahan..

Selain Penyuluhan Keamanan Pangan, Perseroan pun terlibat dalam beberapa kegiatan sosial lain seperti diantaranya:

  • Mendukung kegiatan penyuluhan bahaya narkoba bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) yang diselenggarakan dibeberapa kota.
  • Pengobatan gratis kepada 188 warga di Kampung Sinarlari, bekerjasama dengan UKM PMKL Sekolah Tinggi Ilmu Statistik dalam program Pengembangan Desa Tertinggal.
  • Perseroan melakukan kegiatan kunjungan kasih kepada 96 pasien rawat inap, 50 pasien bedah anak, 20 pasien bedah syaraf dan 84 pasien rumah singgah, bersama dengan Badan Kerjasama Pelayanan Antar Kampus (BKPAK).
  • Kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

  

Tanggung Jawab Produk dan Perlindungan Konsumen

Sudah menjadi komitmen Perseroan untuk mempersembahkan produk yang berkualitas tinggi, higienis dan halal, oleh karena itu Perseroan menerapkan sistem GMP (Good Manufacturing Practice), SSOP (Sanitation Standard Operating Procedure), SJH (Sistem Jaminan Halal), Standar ISO 9001:2008 (Quality Manajemen System), dan ISO 22000:2005 (Food Safety Management System). Produk-produk Perseroan pun telah tercatat di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Untuk melindungi Konsumen, Perseroan pun melengkapi setiap kemasan produk dengan informasiinformasi:

  • Merek dan varian rasa.

  • Logo dan kode Halal MUI.

  • Kode Registrasi BPOM Republik Indonesia.

  • Kandungan, berat bersih, komposisi dan informasi nilai gizi.

  • Kode produksi dan batas akhir penggunaan produk.

  • Saran penyimpanan untuk memastikan kesegaran produk.

Selain itu, Perseroan menyediakan fasilitas SariRoti Peduli sebagai jalur komunikasi yang dapat diakses setiap saat melalui website resmi Perseroan www.sariroti.com. Melalui fasilitas SariRoti-Peduli, Konsumen dapat secara langsung menyampaikan informasi seperti keluhan produk, saran, dan informasi lainnya.